Service AC

Pada masa modern seperti saat ini pertumbuhan penjualan AC setiap harinya terus mengalami peningkatan di Indonesia. Melihat pertumbuhan tersebut maka lahirlah sebuah peluang untuk berbisnis service ac. Banyaknya penjualan AC di era modern ini dipicu oleh beberapa hal seperti :

  1. Terjadi peningkatan pembangunan rumah dan perkantoran
  2. Terjadinya pertumbuhan dan perkembangan masyarakat di perkotaan
  3. Kebutuhan kondisi tertentu di suatu ruangan

Pada dasarnya semakin meningkatnya penjualan AC tersebut merupakan sebuah kebutuhan dengan mengharapkan kondisi ruangan yang sejuk dan itu berkat adanya AC. Kebutuhan menggunakan AC pada suatu ruangan memang bervariasi bergantung juga pada besarnya ruangan. Apabila ruangan tersebut semakin besar maka semakin besar juga kapasitas AC yang dibutuhkan untuk mendinginkan ruangan tersebut.

Di Indonesia sendiri kini telah banyak perusahaan-perusahaan besar seperti LG, Sharp, Polytron, Panasonic, dan masih banyak merek lainnya yang terus berpacu dalam mengembangkan dan memproduksi AC dalam jumlah yang besar dan sesuai yang dibutuhkan oleh masyarakat. Mulai dari fitur yang berbasic dan sampai yang paling tinggi telah mereka sediakan. Dengan begitu masyarakat dapat memilih AC sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan kondisi perekonomian mereka.

Air Conditioner atau yang lebih dikenal dengan sebutan AC ini merupakan sebuah perangkat yang dibuat untuk menstabilkan udara dan suhu kelembapan suatu rungan atau area. AC ini biasanya lebih diguakan untuk membuat suhu ruangan menjadi dingin dan lebih nyaman.

Kalau kita melihat di perkotaan kondisi perumahannya semakin padat dan sedikitnya pepohonan yang mampu menyejukkan. Sehingga untuk mendapatkan sensasi yang dingin maka dipasanglah sebuah AC.

Sehingga kalau kita menyimpulkan penjelasan diatas maka terdapat peluang yang sangat besar dan menjanjikan ketika anda memilih untuk menjalankan sebuah bisnis service ac. Mengingat semakin tingginya tingkat volume penggunaan AC di lingkungan masyarakat, terutama lingkungan perkotaan.

Nah, apa saja yang harus dibutuhkan serta bagaimana caranya untuk menjalankan bisnis sevice AC tersebut? Silahkan simak penjelasan berikut ini sampai tuntas. Usaha service ac ini memiliki sebuah potensi dengan keuntungan tinggi dan sangat mudah dijalankan walau dengan modal pas-pasan atau tanpa modal sekalipun.

www.pexels.com

Sebelum Memulai Usaha Jasa Service AC

Ada suatu hal yang harus dipertimbangkan ketika kita ingin membuka suatu usaha yaitu sebuah potensi keuntungan yang dapat kita peroleh dan kemudahan ketika kita menjalankan bisnis tersebut. Bisnis service ac merupakan salah satu pilihan yang tepat.

Sebagai bisnis yang menjanjikan maka usaha service ac ini sangat layak untuk dijadikan sebuah peluang usaha dengan untuk yang sangat besar. Penggunaan AC ini biasanya digunakan pada daerah yang cuacanya lumayan panas.

Analisis Usaha Service AC

Saat ini semakin mudah kita jumpai rumah-rumah, perkantoran dan sekolah di kota yang sudah menggunakan AC. Ketika saat ini memasuki musim kemarau maka udara di siang hari begitu panas. Atas dasar itulah banyak orang yang kini membutuhkan ruangan yang nyaman dan sejuk. Untuk mengasatasi masalah tersebut, salah satunya menggunakan Air Conditioning. Nah, inilah yang akhirnya membuat bisnis pemasangan AC di kota besar laris manis. Begitu pula dengan pihak service ac juga kebagian rejeki.

Usaha di bidang service ac ini memang sangat cocok bagi siapa saja yang memiliki keterampilan di bidang perbaikan peralatan elektronik. Apabila anda sekolah memiliki latar belakang SMK jurusan elektronik atau memang memiliki bakat di bidang elektro maka sangat tepat sekali memilih untuk membuka jasa service ac.

Di zaman sekarang kalau untuk memasarkan sebuah bisnis seperti jasa service ac memang sangat mudah. Hal itu karena pangsa pasar sudah semakin luas, sudah banyak masyarakat di rumah atau di perkantoran yang sudah memasang AC. Masalah ini tak lepas dari peningkatan suhu yang semakin ekstrim di dunia khususnya di Indonesia.

Kini udara panas sudah menyelimuti bumi. Jadi untuk menghindari udara yang semakin panas di siang hari maka banyak dari berbagai kalangan memutuskan untuk memasang AC di perkantoran atau di rumah.

Untuk mengetahui dan menentukan usaha jasa service ac ini nantinya akan laris atau tidak pada suatu tempat maka anda dapat mengeceknya dengan langsung survey di lapangan. Maka caranya dengan melihat lingkungan perumahan, akankah setiap rumah sudah dipasangi AC atau belum. anda tinggal melihat tanda-tanda pemasangan perangkat dan berbagai peralatan AC di luar rumah.

Target pasar usaha jasa service ac ini tidak hanya untuk kalangan atas saja, tetapi juga dapat meliputi kalangan menengah yang juga semakin banyak menggunakan AC di Indonesia. Untuk lebih spesifiknya berada di lingkungan perumahan dan lingkungan perkantorang yang sudah benyak menggunakan AC dan bisa jadi menjadi target pasar yang sangat menggiurkan dan menjanjikan pada keberhasilan bisnis service ac tersebut.

Berdasarkan analisis di lapangan, jasa service ac rumahan dan perkantorang masih belum banyak pesaingnya. Jadi untuk menjalankan bisnis ini anda akan dapat keuntungan yang sangat besar.

Ketika awal merintis usaha service ac ini anda dapat bekerja secara individu. Namun ketika anda sudah mulai memiliki banyak pelanggan maka disarankan untuk menambah tenaga kerja baru. Hal itu dilakukan demi memaksimalkan kinerja dan kepuasan pelanggan. Langkah selanjutnya anda dapat membuka pangsa pasar baru dengan mendirikan sebuah cabang usaha jasa perbaikan AC di berbagai daerah di Indonesia.

Untuk memulai sesuatu yang besar pada bisnis service ac ini anda membutuhkan beberapa hal dasar yang harus dimiliki yaitu :

  1. Anda harus paham dan ada kemauan untuk selalu belajar mengenai bisnis service ac.

Pada intinya anda harus memahami dan mau belajar kalau usaha yang mereka jalani saat ini adalah bisnis service. Bisnis ini merupakan salah satu jenis usaha yang bergerak dibidang jasa. Sehingga yang kita jual adalah sebuah keahlian yang anda miliki dalam hal pemeliharaan dan perbaikan AC.

Sehingga jasa yang anda tawarkan mampu memberikan nilai lebih kepada para pelanggan. Tidak hanya sekedar memperbaiki dan selesai, tetapi anda mampu memuaskan hati para pelanggan. Contohnya : anda memberikan pelayanan yang ramah, respon yang cepat dan tentunya dengan hasil yang sangat memuaskan.

  1. Memiliki kemampuan dalam memperbaiki AC

Kalau disini berbicara yang arahnya kompetensi, yang berarti apabila dalam tahap awal anda ingin menjalankan bisnis servis AC maka secara pribadi anda harus memiliki kemampuan yang matang untuk memperbaiki dan memelihara AC dengan baik. Apabila anda memiliki anggota maka silahkan rekrut orang-orang yang memang memiliki kemampuan untuk memperbaiki AC.

Kemampuan dapat memperbaiki dan memelihara AC sampai tuntas serta mampu memnerikan solusi kepada setiap pelanggannya maka itu salah satu kunci kesuksesan bisnis ini. Maka tidak lucu anda mimiliki usaha perbaikan dan pemeliharaan AC tetapi bukannya bikin tambah baik malah bikin tambah rusak.

www.pexels.com

  1. Memiliki peralatan service ac yang lengkap

Peralaan yang anda miliki dalam menjalani usaha servis AC ini harus lengkap dan harus mau menyesuaikan dengan perkembangan produksi AC terbaru dari pihak supplier. Sehingga apapun jenis AC yang rusak anda pun dapat memperbaikinya secara maksimal. Berikut ini ada beberapa peralatan standar yang sangat dibutuhkan ketika bekerja:

 

  1. Kompresor dan montor listrik
  2. Tangga
  3. Pipa semprot
  4. Mekanik Tool seperti Obeng, kunci dan lain-lainnya
  5. Bor Listrik
  6. Talang Air
  7. Tabung Freon
  8. Kendaraan pribadi

Cara Membuka Usaha Service AC yang Laris di Incar Pelanggan

Agar usaha anda laris di pasaran maka ada beberapa tahap yang harus anda lakukan:

  1. Menentukan lokasi

Secara umum untuk membuka sebuah usaha servis AC ini tidak perlu membutuhkan lokasi usaha. Anda dapat memulai usaha di dalam rumah. Namun demi meyakinkan pelanggan dan menunjukkan kalau anda memiliki usaha servis AC yang resmi maka diperlukan sebuah lokasi usaha. Untuk menentukan lokasi silahkan cari lokasi yang menurut anda strategis, mudah dihangkau dan mudah di lihat masyarakat luas. Anda dapat memilih di pinggir jalan raya yang ramai dilalui oleh orang setiap hari, dekat pusat pertokoan atau pasar dan lain-lainnya.

  1. Memberikan pelayanan service ac yang memuaskan

Berbicara bisnis yang bergerak dibidang jasa maka anda harus benar-benar memperhatikan kualitas pelayanan. Semua produk yang dijual berupa jasa perbaikan AC serta memberikan masa garansi secara gratis. Untuk memberikan paket kelengkapan pelayanan maka anda juga bisa membuka jasa cuci AC. Tentunya dengan pelayanan yang ramah, menyenangkan, bersahabat, murah, maka dijamin para konsumen akan merasa senang dan akan menjadi pelanggan tetap.

  1. Harga lebih ekonomis

Untuk masalah harga yang murah, banyak orang yang menganggap kualitas pelayanannnya cenderung kurang baik. Kalau harganya mahal maka akan mencerminkan pelayanannya berkualitas baik. Mengingat anda termasuk orang pemula dalam menjalankan bisnis service ac ini maka tidak ada salahnya untuk memberikan harga jasa service yang lebih murah daripada para pesaingnya. Tentunya walau pemula harus memberikan pelayanan yang maksimal sehingga bisnis usaha anda tidak dianggap murahan. Anggap saja harga murah sebagai diskon untuk menarik pelanggan sebanyak-banyaknya.

Perlu anda ingat bahwa manusia merupakan makhluk ekonomis, mereka selalu membeli barang yang mampu memberikan keuntungan yang banyak bagi dirinya. Apabila terdapat dua barang yang kualitasnya sama, namun memiliki harga yang berbeda tentunya manusia tersebut akan memilih barang yang harganya lebih murah dan terjangkau.

Ini merupakan sifat manusia yang paling dasar dan para bisnis memanfaatkan peluang ini untuk membangun sebuah bisnis yang besar seperti jasa service ac yang sangat laris mengikuti tabiat manusia.

Apabila anda belum tahu mengenai harga maka anda dapat mengetahui harga jasa service ac langsung dari para pengusaha yang telah membuka bisnis perbaikan AC. Kalau sudah mengetahui harga pasaran maka anda tinggal menentukan sendiri harga jasa servis AC yang lebih murah dari yang sudah ada. Maka itulah salah satu cara anda untuk menentukan harga jasa service ac dengan mudah.

www.pexels.com

Mulai Menghitung Modal Untuk Membuka Usaha Service AC

Kalau semua sudah beres maka sekarang menghitung secara sederhana untuk menjalankan bisnis servise AC. Dengan adanya perhitungan ini akankah anda memutuskan terjun ke dunia bisnis service ac atau menundaya dan berpikir ulang.

  1. Asumsi ke-1 (Memiliki Kemampuan Tetapi Tidak Memiliki Perangkat Yang Lengkap)

Apabila mengacu kepada asumsi diatas maka anda harus memiliki modal yang lumayan besar. Maka sekarang kita mencoba memperhitungkan :

  1. Membeli kompresor dengan motor listrik Rp 1 juta
  2. Membeli pipa semprot dengan harga Rp 500 ribu
  3. Tangga seharga Rp 500 ribu
  4. Bor listrik seharag Rp 1 juta
  5. Peralatan mekanik seharga Rp 300 ribu
  6. Talang air seharga Rp 100 ribu
  7. Tabung Freon seharga 400 ribu
  8. Memiliki kendaraan Rp 10 juta

Maka kalau ditotal Rp 13.800.000. dana yang paling besar digunakan untuk membeli transportasi. Mengingat untuk membawa berbagai peralatan tersebut harus menggunakan mobil, tidak mungkin menggunakan sepeda montor.

Apabila dibulatkan maka modal awal yang harus di keluarkan untuk memulai bisnis AC ini yaitu Rp.15 juta. Maka kita lanjutkan masuk ke biaya yang mungkin akan keluar:

  • Biaya untuk tenaga kerja 1 orang Rp 2 juta
  • Pengeluran bensin ( Rp 50 ribu/hari untuk 25 hari kerja) Rp 1.250.000
  • Makan siang (Rp 30 ribu /25 hari kerja ) Rp 750.000

Maka sekarang kita mencoba menghitung berapa pendapatan dan keuntungan dengan asumsi anda berhasil melakukan perbaikan sebayak 8 unit AC per hari.

  • Pendapatan perbaikan 8 AC x Rp 60 ribu totalnya Rp 480 ribu
  • Pendapatan lain seperti penggantian part, isi Freon dan lain-lain total Rp 200 rb

Jadi dari asumsi yang kita buat diatas akan mendapatkan penghasilan sebesar Rp 680.000 x 25 maka totalnya Rp 17.000.000

Apabila perbulan dikurangi biaya sebesar Rp 4 juta maka masih sisa sebesar Rp 13 juta. Apabila anda cicil untuk modal awal sebanyak Rp 5 juta per bulan maka dalam jangka 3 bulan sudah tertutup semua.

  1. Asumsi ke-2 (memiliki keahlian dan memiliki kendaraan)

Pada asumsi ini kalau kita sudah memiliki perangkat kendaraan mobil. Mengingat di asumsi perrtama mobil merupakan perangkat yang paling mahal pada modal awal. Jadi penghasilan awal nanti tidak perlu lahi di potong untuk angsuran mobil, sehingga dapat dilakukan untuk biaya perawatan agar tetap nyaman dipakai.

  1. Asumsi ke-3 (Tidak Memiliki Keahlihan Dan Tidak Memiliki Perangkat, Tetapi Memiliki Minat Untuk Berbisnis)

Tentunya pada asumsi ke-3 ini anda harus memiliki modal yang sangat kuat. Apabila seperti asumsi ke-1 dapat memenuhi 8 unit AC perhari maka perhitungannya seperti berikut ini :

Biaya perkiraan :

  • Biaya untuk tenaga kerja : 2 orang pada tahap awal totalnya Rp. 4 juta
  • Pengeluran bensin ( Rp 50 ribu/hari untuk 25 hari kerja) Rp 1.250.000
  • Makan siang (Rp 30 ribu /25 hari kerja ) Rp 750.000
  • Maka total biaya Rp 6.000.000

Dalam satu bulan pendapatan Rp 17.000.000 – biaya Rp 6.000.000 – angsuran biaya peralatan Rp 5.000.000 per bulan, maka kita hitung hasilnya sekitar Rp 6.000.000. Maka dapat disimpulkan bahwa untuk memulai bisnis AC ini dapat memberikan keuntungan sekitar Rp 6.000.000 sampai Rp 10.000.000 per bulan.

www.pexels.com

Cara Marketing dan Pengembangan Pasar

Bagaimana dengan anda, apakah sudah mulai berminat untuk mencobanya ? namun jangan terburu-buru dulu, silahkan pelajari dulu cara marketing dan cara untuk pengembangan pasarnya. Berikut ini cara yang harus anda tempuh :

  1. Promosi usaha service ac

Hal terakhir yang sangat menentukan kesuksesan dalam berbisnis jasa service ac pada zaman sekarang dan masa yang akan mendatang yaitu dengan promosi. Nah, kalau sudah tahu dengan promosi, lalu bagaimana caranya agar promosi yang tepat sehingga usaha yang baru anda jalankan dapat berjalan dengan baik dan dikenal kalangan masyarakat? Kemudian mereka merasa tertarik untuk menggunakan jasa service ac anda. maka dari itu anda harus menggunakan berbagai cara untuk melakukan promosi bisnis service ac anda.

Berikut ini ada dua cara yang harus anda tempuh demi mengenalkan usaha jasa anda kepada masyarakat umum :

  1. Promosi secara offline

Apabila anda saat ini kebingungan mengenai cara promosi dan pemasarannya maka ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Membagikan brosur

Demi mengenalkan bisnis service ac maka anda dapat melalui dari lingkungan terdekat. Dapat memulai penawaran jasa service ac ke lingkungan keluarga, sahabat, tetangga terdekat, rekan kerja dan orang lain. Apabila anda bingung mencari contoh brosur service ac maka anda dapat menemukannya di internet atau perusahaan percetakan . di dalam brosur tersebut anda mencantumkan penawaran jasa service ac.

  1. Memberikan kartu nama

Selain membuat brosur anda juga dapat memberikan kartu nama kepada setiap orang yang anda kenal atau kalian temui di jalan. Untuk format kartu nama anda tidak perlu bingung karena di internet sudah bnyak referensinya.

Agar promosi anda lebih luas maka anda dapat melakukan promosi secara offline seperti : memasang iklan di buku telepon, memasang iklan di surat kabar seperti koran, majalah, telemarketing, email marketing, direct mail marketing, direct selling, viral marketing, dan lainnya. anda juga dapat promosi melalui radio, televisi lokal dan masih banyak lagi yang dapat anda lakukan untuk menyebar luaskan bisnis anda.

Biasanya sebagai bisnis yang menjual jasa maka tukang service ac ini memiliki perilaku yang menyenangkan dan membuat konsumen lebih percaya terhadap kinerja anda. kalau konsumen sudah percaya maka kemungkinan besar mereka akan menjadi pelanggan tetap di bisnis service ac yang anda jalankan.

  1. Promosi secara online

Pada zaman yang serba canggih seperti saat ini maka promosi secara online kini sedang booming dan gratis. Berikut ini beberpa media promosi online yang dapat anda manfaatkan secara gratis:

www.pexels.com

  1. Melalui media sosial

Dengan semakin maraknya penggunaan media sosial, maka anda dapat melakukan promosi usaha service ac di media sosial seperti FB, WA, Instagram, Google plus dan lain-lainnya. anda dapat menulis di media sosial mengenai lokasi bisnis service ac anda dan jangan lupa untuk mencantumkan nomor telepon yang aktif. Kemudian anda sebarkan iklan tersebut ke banyak orang, teman dan follower.

  1. Marketplace

Terdapat banyak marketplace yang dapat anda jadikan sebagai alat promosi usaha service ac seperti olx, tokopedia, ads.id, lazada, bukalapak dan masih banyak lagi lainnya

  1. Website

Hadirnya website resmi dan professional dapat membantu menunjukkan usaha jasa service ac anda. dengan begitu maka pihak konsumen akan percaya dengan kredibilitas bisnis yang sedang anda jalankan. Di website sudah lengkap dengan berbagai penawaran jasa dan disertai layanan, alamat, testimony serta harganya.

Demikianlah pembahasan mengenai service ac yang peluang bisnisnya menjanjikan. Mengingat jasa Service AC yang sudah semakin banyak maka anda sebagai pemula atau sedang menjalani bisnis ini harus tetap konsisten dalam memberikan pelayanan yang baik dan maksimal. Sehingga semakin hari pelanggan setia anda semakin banyak.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *