Tentang Mengenai Nasi Padang; Makanan Indonesia yang Mendunia

Orang Indonesia pasti sudah tidak asing dengan hidangan bernama nasi Padang. Makanan ini biasanya bisa ditemui di warung makan Padang yang tersebar di hampir seluruh daerah di Indonesia. Meskipun namanya warung makan Padang, Anda tetap bisa menemukannya di tanah Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan pulau lainnya. Nasi Padang adalah salah satu hidangan favorit yang banyak dipesan oleh konsumen warung makan Padang.

Nasi Padang sendiri adalah hidangan nasi putih hangat yang disajikan dengan berbagai lauk khas Indonesia yang dimasak dengan rempah-rempah khas Padang, Sumatera Barat. Lauk pauk khas Padang ini biasanya identik dengan santan dan juga rempah yang kuat sehingga banyak disukai oleh masyarakat. MasakanPadang biasanya disajikan dengan sambal hijau dan juga sayuran seperti daun singkong rebus. Menyantap nasi Padang selagi hangat ini akan sangat menggugah selera makan Anda.

Hal wajib yang pasti ada di sebuah sajian nasi Padang adalah nasi, sayuran, sambal hijau dan juga kuah gulai. Selebihnya Anda bisa memilih sendiri lauk-lauk sesuai dengan selera, ada ayam, daging sapi, telur, ikan dan masih banyak lagi. Makanan ini disukai oleh berbagai kalangan dari muda hingga tua serta dari orang pas-pasan hingga orang berada. Semua menggemari makanan yang satu ini karena cita rasanya yang sedap dan menggoyang lidah.

Apa yang Membuat Nasi Padang Disukai Semua Orang?

Nasi Padang ini merupakan makanan yang dapat diperoleh dengan harga terjangkau, meski ada pula restoran Padang yang menyajikan hidangan dengan harga yang cukup mahal. Namun secara umum harga seporsi nasi di warung makan Padang di berbagai daerah masih cenderung terjangkau yang membuatnya punya banyak penggemar. Banyak orang menyukai nasi Padang dengan berbagai alasan, diantaranya:

  • Pilihan lauk pauk yang beragam

Kalau Anda datang ke restoran Padang maka pasti Anda akan melihat pemandangan yang sangat umu yaitu adanya piring-piring berisi lauk pauk yang disusun di etalase. Pembeli bisa melihat dan memilih sendiri mana lauk yang ingin disantap. Variasi lauk pauknya puk sangat beragam mulai dari olahan ayam, daging sapi, udang, cumi, telur, perkedel dan lainnya. Menu yang beragam ini bisa memenuhi selera banyak orang yang datang ke rumah makan Padang.

  • Harga bersahabat

Nasi Padang adalah menu yang bisa didapatkan dengan mudah oleh semua kalangan. Harga yang ditawarkan sangatlah terjangkau dengan lauk yang enak dan sedap. Tak heran banyak anak kos ataupun karyawan yang senang makan di warung makan Padang sehari-harinya.

  • Porsi besar

Anak kos umumnya mencari makanan yang murah dengan porsi yang mengenyangkan. Nah nasi Padang punya dua kriteria ini, terlebih kalau Anda membeli untuk dibungkus dan dimakan di rumah. Nasi Padang bungkus biasanya porsinya lebih banyak dibandingkan kalau Anda makan langsung di tempat. Jadi, kalau sedang akhir bulan dan dompet terkuras Anda bisa membeli nasi Padang untuk menghemat pengeluaran.

  • Cita rasa yang cocok di lidah

Orang Indonesia sudah terbiasa dengan makanan yang kaya rasa terlebih dengan cita rasa yang pedas. Masakan Padang dibuat dengan berbagai rempah yang kuat sehingga menghasilkan rasa masakan yang berani dan sedap. Ada banyak pula menu masakan Padang yang bercita rasa peds, favorit kebanyakan orang di Indonesia.

www.pexels.com

Hal Unik Tentang Nasi Padang

Mungkin Anda selama ini hanya mengerti nasi Padang sebatas sebagai makanan mengenyangkan. Ternyata ada beberapa hal unik tentang nasi Padang yang ternyata menarik untuk diketahui seperti:

  • Porsi nasi Padang lebih banyak jika dibungkus daripada dimakan di tempat

Anda tentu pernah mengamati kalau membeli nasi Padang untuk dimakan di rumah pasti porsinya sangat besar dan jauh lebih banyak dibandingkan kalau Anda makan langsung di warung makan atau restoran. Ternyata hal ini ada cerita tersendiri yang melatarbelakanginya. Di Padang, Sumatera Barat sendiri rumah makan Padang lebih dikenal sebagai warung makan Ampera yang ternyata merupakan singkatan dari Amanat Penderitaan Rakyat.

Konon, dahulu masyarakat Indonesia pernah kesulitan ekonomi yang membuat masyarakat tidak punya cukup uang untuk membeli nasi dan lauk-pauk. Di rumah makan Padang yang kebanyakan lauknya dari daging dan ayam pun terjadi penurunan pembeli. Hanya orang-orang berpunya yang bisa makan di rumah makan Padang dengan porsi normal untuk sendiri. Selebihnya, masyarakat yang kekurangan lebih memilih untuk membungkus karena mungkin bisa dibagi dengan anggota keluarga yang lain. Melihat hal ini pemilih warung makan Padang pun bersimpati sehingga memberikan porsi yang lebih besar pada pembeli yang membungkus dengan harapan si pembeli bisa membagi nasi Padangnya dengan anggota keluarga lain. Di sinilah ternyata ada rasa solidaritas yang tertanam di balik porsi nasi Padang yang besar.

  • Para pegawai warung makan Padang punya keahlian membawa piring dalam jumlah banyak

Anda pasti pernah melihat pegawai warung makan Padang membawa berbagai lauk yang ada di piring-piring kecil dalam jumlah banyak sekali waktu. Biasanya pramusaji di warung makan Padang akan menyusun beberapa piring di tangan hingga lengan kiri dan kanan. Hal ini karena di warung Padang biasanya lauk disajikan prasmanan di depan mata konsumen, kalau suka Anda bisa langsung santap kalau tidak suka maka jangan sekali-kali menyentuh makanan. Harga yang akan Anda bayarkan tergantung pada makanan apa saja yang jumlahnya berkurang sejak awal disajikan. Maka dari itu jangan heran jika melihat para pramusaji warung makan Padang mampu membawa lauk-pauk dalam jumlah banyak sekaligus sehingga bisa lebih efisien dalam bekerja.

  • Di Padang, Sumatea Barat justru tidak ada rumah makan Padang

Di Kalimantan, Jawa, Sumatera, Sulawasi dan berbagai daerah lain Anda akan dengan mudah menemukan rumah makan Padang di berbadai sudut kota. Namun, di kota asalnya, Padang Sumater Barat justu Anda akan kesulitan untuk menemukan warung Padang. Di Padang ada banyak warung makan yang menjual aneka hidangan serupa di warung makan Padang namun tanpa menambahkan embel-embel ‘Padang’ di belakang namanya.

  • Foto kakek berpeci hitam

Anda mungkin pernah melihat ada foto seorang kake tua berpeci hitam dan berjenggot di beberapa rumah makan Padang. Pasti banyak diantara Anda bahkan tidak tahu siapa sosok yang ada di warung-warung makan Padang tersebut. Ternyata sosok tersebut adalah Ungku Saliah yang merupakan seorang tokoh dari Pariaman, Sumatra Barat. Sosok Ungku Saliah adalah seorang yang berjasa besar dalam penyebaran agama Islam di tanah Padang seperti hal nya walisongo di pulau Jawa. Para pemilik warung makan yang berasal dari Pariaman biasanya memasang foto beliau sebagai penghargaan terhadap sosok yang sudah banyak berjasa di kalangan masyarakat Pariaman.

  • Menyajikan masakan terlezat nomor 1 di dunia

Menurut situs CNN, rendang yang berasal dari Sumatera Barat menjadi salah satu dari hidangan paling enak di seluruh dunia. Anda penyuka nasi Padang tentu setuju dengan pernyataan ini. Salah satu menu andalan di rumah makan Padang adalah menu rendangnya. Rendang ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat di dunia dan juga cukup disukai oleh masyarakat dari berbagai  negara. Rendang ini mantap jika disantap dengan nasi panas. Cita rasa rempah dan santannya akan sangat merasap ke dalam daging yang direbus lama hingga empuk.

www.pexels.com

Lauk Khas Pendamping Nasi Padang

Kalau mengaku penggemar nasi Padang Anda perlu mengetahui macam lauk apa saja yang bisa Anda santap kalau perkunjung ke warung asi makan Padang berikut ini:

  • Rendang adalah makanan olahan daging sapi yang kelezatannya sudah diakui oleh masyarakat Indonesia hingga mancanegara. Rendang ini dibuat dengan berbagai rempah-rempah yang dicampur dengan santan kelapa. Pembuatan rendang ini memakan waktu yang cukup lama karena daging perlu dipasakan secara berulang supaya daging bisa empuk dan bumbunya meresap sampai ke dalam daging. Rendang ini cocok disantap dengan nasi hangat. Rasa asin, gurih dan pedas dari rendang siap membuat Adna ketagihan dan inign lagi dan lagi,.
  • Ayam Pop

Ayam Pop bukan berarti ayam yang bisa bernyanyi lagu Pop lho melainkan hidangan ayam yang direbus hingga matang, lunak dengan bumbu meresap. Makanan yang satu ini menjadi salah satu hidangan gavorit para pengunjung rumah makan Padang. Warna makanan yang pucat ternyata tidak sejalan denagn rasanya yang luar biasa. Ayam pop ini biasanya berwarna putih puccat namun dengan rasa yang ringan, enak dan sedap. Ayam pop dimasak dalam waktu yang cukup lama sehingga dagingnya empuk sempurna.

  • Gulai Tunjang

Masakan Padang memang sangat identik dengan rempah yang kuat. Gulai pun jadi salah satu menu yang tidak boleh absen dari etalase warung makan Padang. Gulai ini bisa dibuat dengan aneka bahan mulai dari gulai sapi dan gulai ayam. Selain kedua daging tersebut ada pula hidangan brnama Gulai  Tunjang atau gulai kikil yang nikmat luar biasa.   Bagi Anda penyuka kikil wajib coba gulaia tunjnyang ada di restoran Padang. Gulai ini berkuah santan yang berwarna merah. Rasanya gulai ini lebih dominan ke arah pedas dan gurih. Potingan kikil yang lembut semakin menambah kinkmatan acara makan siang ini.

  • Balado

Hidangan balado juga menjadi salah satu ciri khas dari rumah makan Padang. Balado ini bisa berupa balado sayur seperti terong, balado telur, balado ayam hingga balado ikan. Rasa hidangan balado ini pedas dan gurih sehingga sering membuat pelanggan ketagihan. Bumbu balado dibuat dengan bahan yang cukup sederhana seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, tomat, gula dan garam yang dihaluskan kemudian ditumis. Perpaduan dari bumbu-bumbu tersebut menghasilkan balado dengan bumbu merah yang menggoda.

www.pexels.com

  • Telur dadar

Kalau keuangan sedang menipis Anda bisa makan ke warung Padang dengan memesan lauk telur dadar. Telur dadar di rumah makan Padang ini berbeda dari telur dadar di tempat lainnya. Biasanya telur dadar yang ditemui di rumah makan Padang ukurannya cukup besar dan juga tebal. Tak hanya itu, warna dari telur dadar Padang juga biasanya lebih kemerahan daripada telur dadar biasa. Masalah rasa tak perlu ditanya, telur dadar pun bisa terasa sangat sedap berkat perpaduan bumbu seperti daun kunyit, daun jeruk, daun bawang, lada dan juga bumbu merah.

  • Perkedel kentang

Anda pun bisa menemukan lauk berupa perkedel kentang di rumah makan Padang. Perkedel ini dibuat dengan campuran kentang dan berbagai bumbu yang membuatnya terasa gurih dan sedap. Biasanya perkedel yang dijual di warung Padang ukurannya lebih besar dibandingkan perkedel lainnya sehingga terasa lebih mantap ketika disantap.

  • Sayur nangka

Kalau Anda membungkus nasi Padang pasti ada kuah berwarna oranye kemerahan yang akan disiramkan ke atas nasi. Kuah ini berasal dari hidangan sayur nangka khas Sumatera Barat. Sayur nangka ini dibuat dengan bumbu kuning dengan rempah khas Padang yang dicampur dengan potongan buah nangka muda, kol serta kacang panjang yang dipotong dengan ukuran kecil. Kuah dari sayur ini punya rasa yang kuat dan membuat nasi menjadi lebih kaya rasa dan mengundang selera.

  • Kalio

Beberapa dari Anda mungkin belum pernah mendengar tentang makanan ini meskipun mungkin sering menemuinya. Kalio ini merupakan makanan olahan daging sapi dengan sedikit kuah kental yang berempah. Sebenarnya kalio ini adalah rendang yang belum jadi sempurna. Kalio menggunakan bumbu serupa dengan rendang namun cara memasaknya berbeda. Kalio akan diangkat dan disajikan lebih dulu dengan kondisi kuah yang masih cukup banyak. Jika dimasakah terus, kalio ini lama-kelamaan akan mengering dan menjadi rendang. Kalio bisa dibuat dari bahan daging sapi maupun daging ayam, sesuai dengan selera.

  • Sambal hijau

Sambal ini adalah salah satu menu wajib yang harus ada pada sepiring hidangan nasi Padang. Sambal hijau khas warung makan Padang ini sangat cocok disantap dengan aneka lauk yang disajikan dan membuat hidangan semakin terasa sedap. Sambal ini dibuat dari bahan-bahan berwarna hijau seperti tomat hijau, cabai rawit hijau, cabai hijau besar, garam dan juga air perasan jeruk nipis. Perpaduan bahan ini menghasilkan sambal yang rasanya tidak terlalu pedas sehingga bisa disantap oleh banyak orang.

www.pexels.com

  • Dendeng Batokok

Kalau datang ke rumah maka Padang jangan lupa untuk mencoba menu yang satu ini. Dendeng Batokok dibuat dari daging sapi yang disajikan dengan sambal hijau dan juga potongan bawang merah. Daging yang tebal dan empuk ini memiliki rasa asam dan pedas yang menyegarkan dan cocok dimakan dengan nasi hangat.

  • Dendeng Balado

Dendeng yang satu ini berbeda dengan dendeng sebelumnya. Dendeng balado dibuat dengan potongan daging tipis yang dimasak hingga teksturnya cukup renyah. Daging tersebut kemudian dimasak dengan bumbu balado yang pedas dan sedap. Hidangan ini cocok untuk Anda pecinta makanan-makanan pedas.

  • Ayam goreng dan ayam bakar

Menu ayam goreng dan ayam bakar memang bisa ditemukan di mana saja dengan cukup mudah. Menu ini pun tersedia di warung makan Padang dan bisa dijadikan lauk ketika Anda memesan nasi Padang. Tak seperti ayam goreng dan ayam bakar di tempat lainnya, ayam goreng dan ayam bakar di warung makan Padang punya cita rasa yang berbeda karena dimasak dengan bumbu dan rempah yang khas.

Bagaimana? Pasti Anda semakin tergiur untuk segera menyantap nasi Padang favorit sejuta umat ini. Makanan Padang memang nikmat dengan aneka rempah dan juga santan yang gurih. Tapi perlu diingat bahwa mengkonsumsi terlalu banyak masakan bersantan dan berlemak juga kurang baik untuk kesehatan. Imbangi dengan konsumsi sayur dan buah agar pencernaan tetap lancar dan kondisi tubuh terjaga tetap sehat. Anda bisa menggunakan menu nasi Padang untuk konsumsi berbagai acara. Anda juga bisa pesan nasi tumpeng dengan request menu khas Padang untuk berbagai acara seperti syukuran dan lainnya. Ada banyak jasa pesan nasi tumpeng yang dapat menyediakan keperluan Anda dan bisa memasak sesuai dengan pesanan.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *