Indonesia dan Kopi Unggulannya

Indonesia merupakan salah satu produsen kopi terbaik di dunia. Produksi kopi asli tanah ari per tahunnya saja bisa mencapai 600 ribu ton. Indonesia dan kopi produksinya tersebar di berbagai wilayah di tanah air. Indonesia menjadi negara pemasok kopi terbanyak yang menyuplai 7 persen kopi dunia. Indonesia berada di bawah Brazil dan Kolombia yang memproduksi kopi berbagai jenis. Mulai dari kopi arabika, kopi robusta, kopi luwak, dan berbagai jenis varietas kopi lokal lainnya. Setidaknya terdapat 16 jenis kopi nusantara yang diminati oleh pasar internasional. Tujuh jenis kopi paling favorit di antaranya adalah sebagai berikut.

Kopi Unggulan Indonesia

Umumnya daerah di Indonesia yang memiliki ketinggian tertentu sangat cocok untuk perkebunan kopi. Ada beberapa daerah yang memiliki hasil kopi dengan kualitas dan citarasa yang sudah diakui. Berikut adalah 9 kopi unggulan yang merupakan hasil perkebunan kopi di berbagai daerah di Indonesia.

  1. Kopi Gayo

Kopi yang menjadi produk unggulan dari Aceh ini memiliki tekstur yang tidak terlalu pekat. Jenis kopi tersebut juga dikenal dengan tingkat keasaman yang seimbang. Cocok untuk pecinta kopi yang tidak suka asam. Indonesia dan kopi gayo adalah warisan kekayaan yang hingga kini bisa dinikmati. Masyarakat Aceh sendiri sangat menyukai kopi dan hampir semua masyarakatnya menjadikan minum kopi sebagai sebuah tradisi. Kopi gayo juga memiliki ciri khas pada proses penyajiannya. Untuk kebanyakan minuman kopi umumnya hanya perlu menyeduh bubuk kopi. Namun untuk kopi asal Aceh ini tidak diseduh, melainkan bubuk kopinya akan direbus di panci atau dimasak hingga mendidih. Setelah itu, kopi disaring untuk disajikan dengan tambahan susu atau gula.

www.pexels.com

  1. Kopi Kintamani Bali

Kopi Kintamani merupakan salah satu jenis kopi unggulan Indonesia. Kopi yang ditanam di dataran tinggi Kintamani Bali ini juga populer di beberapa negara Arab, Eropa, dan Jepang. Indonesia dan kopi kintamani ini juga memiliki kekhasan sendiri dibandingkan jenis kopi arabika di daerah lain. Kopi Kintamani mempunyai aroma citrus atau jeruk yang khas dengan tingkat keasaman yang sedang. Minuman kopi yang terbuat dari bubuk kopi Kintamani ini memiliki rasa yang lebih ringan dan aroma yang khas. Rasa kopi yang khas tersebut membuat banyak pecinta kopi ketagihan untuk meminumnya.

  1. Kopi Toraja

Indonesia dan kopi Toraja sudah dikenal oleh berbagai pasar kopi lokal. Jenis kopi yang dibudidayakan di tanah Toraja tersebut memiliki rasa yang cukup unik. Rasa pahit yang biasanya terasa setelah minum kopi tidak akan dirasakan untuk kopi toraja. Sensasi pahit yang timbul hanya saat pertama kali meneguknya. Kopi Toraja yang tidak menyisakan pahit ini juga sudah banyak diekspor dengan sebagian besar negara tujuannya adalah Amerika dan Jepang. Memiliki level keasaman rendah dan cenderung mempunyai rasa earthy atau seperti rasa tanah.

  1. Kopi Java Ijen Bondowoso

Kenikmatan kopi asal Indonesia memang sudah diakui oleh banyak negara. Salah satu jenis kopi yang banyak ditanam di Bondowoso misalnya yang sudah diekspor sejak tahun 2011. Indonesia dan kopi Java Ijen khas Bondowoso ini patut diacungi jempol, permintaan dari pasar dunia termasuk tinggi hingga 858 ton kopi lebih sudah diekspor ke berbagai negara. Level rasa asam pada kopi termasuk sedang dengan keasaman yang mirip asam jawa bukan rasa jeruk seperti beberapa jenis kopi lainnya. Ciri khas yang bisa dirasakan dari minuman kopi ini adalah sedikit rasa pedas pada kopi dan juga aroma bunga hutan.

www.pexels.com

  1. Kopi Meranti Riau

Jenis kopi yang menjadi produk unggulan lainnya berasal dari daerah Riau. Perkebunan kopi yang ada di sana bahkan menghasilkan kopi terbaik yang diakui oleh Jenderal Kekayaan Intelektual Nasional Republik Indonesia. Kopi yang memiliki rasa unik dan nikmat ini merupakan favorit pecinta kopi di seluruh Indonesia. Indonesia dan kopi Meranti ini juga sudah terkenal di berbagai negara dan banyak diekspor ke Singapura dan Malaysia.

  1. Kopi Flores

Kopi jenis arabika ini ditanam di kawasan Bajawa, Flores. Memiliki tingkat kekentalan kopi yang termasuk pekat. Kopi yang dihasilkan di perkebunan Nusa Tenggara Timur ini juga memiliki keasaman di level rendah. Ciri khas yang menjadikan kopi ini istimewa adalah cita rasanya yang dominan vanili dan cokelat. Indonesia dan kopi Flores sudah dikenal hingga ke Amerika. Negara serikat tersebut merupakan negara tujuan ekspor sebagian besar kopi Flores. Rasa akhir atau after taste pada jenis kopi ini adalah sedikit nutty.

  1. Kopi Temanggung

Temanggung merupakan dataran tinggi di Jawa Tengah yang sangat terkenal karena menjadi penghasil tembakau. Selain itu, daerah ini juga memiliki hasil perkebunan unggulan lain yaitu kopi. Kekhasan dari kopi Temanggung sendiri adalah rasa pahit yang pekat dan aroma tembakau yang dominan. Indonesia dan kopi yang autentik tersebut sudah memiliki banyak pasar, baik di Indonesia maupun pasar internasional. Kopi Temanggung yang nikmat ini sudah banyak diekspor ke beberapa negara Eropa, Timur Tengah, dan Amerika Latin.

www.pexels.com

  1. Kopi Wamena

Wamena merupakan salah satu daerah di Papua yang merupakan asal dari kopi arabika Wamena. Jenis kopi unggulan ni banyak dibudidayakan di lembah Baliem yang berada di kaki pegunungan Jayawijaya. Kopi Wamena merupakan kopi yang memiliki rasa seimbang, tidak terlalu manis dengan keasaman yang tidak terlalu tinggi. Cocok untuk pecinta kopi yang memiliki masalah asam lambung atau magh. Indonesia dan kopi Wamena dikenal oleh banyak pasar dengan kualitas kopinya yang sering disebut sebagai kopi organik. Memiliki aroma dan cita rasa yang khas, kopi arabika ini ditanam di ketinggian lebih dari 1.200 mdpl. Letak geografis tersebut membuat Wamena sangat pas dan cocok untuk kopi tumbuh subur di sana. Keaslian kopi yang tidak tersentuh bahan atau pupuk kimia, membuat Kopi Wamena menjadi kopi organik terbaik di nusantara.

  1. Kopi Malabar

Bagian selatan Bandung memiliki dataran tinggi yang menjadi salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Malabar merupakan dataran tinggi dengan ketinggian lebih dari 2 ribu meter yang banyak ditanami pohon kopi. Termasuk sebagai salah satu jenis kopi arabika yang memiliki kekentalan dan keasaman sedang. Cita rasa dari minuman kopi Malabar juga khas dengan rasa dominan cokelat. Untuk after taste kopi ini tidak terlalu pahit tetapi memiliki rasa rempah bahkan ada yang memiliki rasa buah seperti nangka. Kopi unik ini banyak disukai pecinta kopi khususnya generasi muda di Jawa Barat. Daerah ini banyak menghasilkan kopi dengan varian yang beragam, bahkan kopi durian yang sangat unik bisa ditemukan di sana.

www.pexels.com

Warisan kekayaan alam Indonesia dan kopi yang sangat beragam yang diakui banyak negara ini patut dibanggakan. Kopi berkualitas dan autentik tentu menjadi keunggulan dari kopi nusantara.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *