Contoh Iklan dan Penjelasannya

Hallo apa kabar para pembaca, yang lagi merintis usaha, yang sudah lancar berwirausaha atau yang lagi punya mimpi buat usaha. Buat usaha itu tidak hanya butuh modal saja, tetapi juga perlu yang namanya belajar, agar mengetahui bagaimana untuk mempromosikan dan memperkenalkan usaha yang Anda punya atau yang akan Anda rintis.

Salah satu cara yang sering digunakan oleh para pengusaha kebanyakan untuk mempromosikan atau memperkenalkan usaha yang mereka miliki ke khalayak ramai yaitu dengan menggunakan media iklan seperti salah satunya yaitu sewa videotron. Apapun jenis usahanya baik dalam bidang kuliner, pendidikan, retail, percetakan, jasa dan lain sebagainya pembuatan iklan dalam mempromosikan dagangan tetap jadi favorit para pengusaha.

Dalam pembuatan iklan tentu harus ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan, karena lewat iklan biasanya kita tahu nih bagaimana kualitas dari suatu perusahaan atau pebisnis. Jadi dalam pembuatan iklan harus semenarik mungkin nih Anda. Dengan tampilan iklan yang menarik, tentu semakin banyak pembeli yang tertarik dan perusahaan semakin diuntungkan.

Definisi Dan Media Teks Iklan

Sebelum jauh membahas soal iklan, Anda tahu atau tidak  apa itu definisi dari teks iklan? Bagi Anda yang belum tahu, teks iklan adalah sebuah media promosi efektif yang digunakan untuk mempromosikan atau memasarkan produk kepada konsumen.

Dengan harapan dalam pembuatan iklan ini dapat menjangkau keseluruh penjuru sehingga produk baik itu dalam bidang barang atau jasa yang ada pada iklan dapat dilihat oleh para konsumen. Dengan jangkauan yang luas memungkinkan produk dapat dinikmati oleh target pasar yang telah di incar alias harus tepat sasaran. Sehingga para konsumen mau membeli produk yang ditawarkan.

Media pengiklanan sangat banyak formatnya, mulai dari iklan di radio, televisi, media cetak dan yang lagi hits yang banyak digandrungi oleh remaja milenial atau kids jaman now dengan berkembangnya teknologi  dan makin banyak youtuber bermunculan yaitu pembuatan iklan di konten online.

Pastinya hal tersebut membuat Anda semakin kreatif, bukan?, apalagi hal ini tentunya dapat dimanfaatkan para pembuat iklan atau yang lebih akrab dengan sebutan creator iklan untuk lebih mengasah ke kreatifan dan terus berinovasi dalam membuat karya sehingga dapat membantu klien dengan iklan yang berkelas dan berbobot tentunya.

www.pexels.com

Fungsi dan komponen pembuatan iklan

Secara garis besar teks iklan memiliki bebearapa fungsi dimana teks iklan berfungsi untuk memuat pesan dalam memperkenalkan produk ke masyarakat biasanya berisikan informasi tentang produk, ciri-cri produk dan sebagaimua. Selain memuat pesan iklan juga bersifat persuasive, hal ini untuk mengarahkan atau membujuk konsumen untuk membeli atau memakai produk yang di iklankan. Hal yang paling penting nih iklan juga dapat berfungsi sebagai media pengingat untuk para konsumen agar konsumen senantiasa setia dengan produk yang di tawarkan dan trus berlangganan.

Bagi Anda yang ingin atau akan membuat iklan, harus dibuat secara matang karena dalam pembuatan iklan tidak boleh sembarangan. Ada beberapa komponen yang wajib ada  dan harus di patuhi dalam sebuah iklan. Komponen-komponen yang wajib ada dalam sebuah iklan tersebuat diantaranya adalah :

  1. Judul

Judul iklan ini sangat penting, biasanya judul ditempatkan di bagian paling atas dari iklan. Namun ada beberapa iklan yang tidak menggunakan judul dalam konten, biasanya sebagian iklan hanya mencantumkan nama produk di bagian teratas. Berarti pada bagian teratas dari iklan ada dua jenis nih temen-temn yaitu judul atau nama produk. Pilih salah satu yaa.

  1. Nama produk

Bagian ini mencantumkan nama produk yang akan di promosikan. Sehingga para konsumen tahu nih apa nama produk yang di promosikan atau di iklankan.

  1. Deskripsi produk

Di bagian deskripsi produk ini Anda dapat memberi gambaran kepada para konsumen tentang rincian produk yang dipromosikan. Seperti spesifikasi, cara memperoleh produk, alamat, kontak, harga bila perlu dan lain sebagainya. Harus serinci dan semenarik mungkin yaa Anda.

www.pexels.com

Bahasa iklan

Setelah mengetahui komponen-komponen yang terdapat dalam iklan, secara umum iklan ini dapat dikatakan sebagai media komunikasi atau alat komunikasi tidak langsung antara produsen dan konsumen. Maka dalam berkomunikasi perlu adanya bahasa yang menghubungkan keduanya. Sehingga pemilahan bahasa dalam pembuatan iklan ini juga perlu diperhatikan. Selain itu bahasa yang digunakan dalam iklan juga berbeda dengan bahasa yang digunakan pada tulisan-tulisan lainnya. Ada beberapa bahasa yang sering digunakan atau di terapkan dalam iklan diantaranya sebagai berikut :

  1. Menggunakan slogan

Ketika mengamati beberapa iklan dalam waktu yang relatif lama banyak kita temui slogan didalam teks iklan. Hal ini perlu dibuat sehingga terlihat lebih mencolok, menarik sehingga mampu menarik perhatian para konsumen. Slogan ini bukan hanya slogan namun slogan ini harus berisikan tentang pesan yang akan disampaikan ke konsumen tentunya pesan ini harus sesuai dengan produk yang di iklankan.

  1. Bersifat persuasif

Kalimat-kalimat membujuk perlu ada dalam iklan, sehingga tujuan diunakannya kalimat persuasive dalam pembuatan iklan yaitu untuk mengajak para konsumen yang sudah ditargetkan untuk menggunakan produk yang di promosikan.

www.pexels.com

Contoh dan jenis iklan

Setelah mengetahui proses bagaiman iklan itu harus dibuat maka perlu nih Anda untuk mengetahui beberapa contoh dari iklan yang telah dibuat. Ada beberapa contoh jenis iklan yang bisa dijadikan alat untuk memancing ide kreatif nih Anda. Yuk mari simak penjelasan berikut ini :

  1. Contoh iklan produk

Sesuai namanya iklan produk ini digunakan untuk mempromosikan atau menjual produk-produk. Baik itu produk barang ataupun jasa. Kunci dalam pembuatan iklan produk salah satunya ada tagline, slogan atau pembuatan kalimat iklan yang menarik. Iklan produk sering sekali disebut iklan niaga. Jenis iklan ini salah satu yang sering ditemukan. Adapun contoh beberapa tagline dari iklan produk diantaranya adalah :

  • Kuku Bima Energi, Roso! (Kuku Bima)
  • Yamaha Selalu Di Depan (Motor Yamaha)
  • Apapun Makanannya, Minumnya The Botol Sosro (The Sosro)

 

  1. Contoh iklan baris

Iklan baris biasanya hanya terdiri dari 3 sampai 4 baris saja. Dengan ruang yang terbatas ini akan mendorong kalian untuk membuat konten yang lebih singkat tapi mencakup semua yang diiklankan. Biasanya iklan baris ini dimanfaatkan untuk menjual barang dan jasa. Biasanya tarif yang dikenai dalam pembuatan iklan ini berdasarkan jumlah kata dan baris yang digunakan dalam iklan. Contoh iklan baris adalah sebagai berikut :

  • Dijual Sgr. Mobil Avanza. Kondisi Bgs. 200 jt nego. Hub. 0812354765

 

  1. Contoh iklan kolom

Iklan kolom ini tampil secara luas dan memanjang, bisa sampai satu halaman penuh. Biasanya dalam iklan ini menyertakan konten lain seperti gambar atau foto. Biasanya digunakan untuk menjual kendaraan dan ucapan duka cita.

  1. Contoh iklan layanan masyarakat

Iklan ini tidak bersifat komersil, seperti iklan pada umumnya. Iklan ini lebih kepada menyampaikan informasi penting atau mengkampanyekan sesuatu seperti kebersihan lingkungan, hemat listrik, bahaya narkoba, penanggulangan bencana, go green, program keluarga berencana dan lain sebagainya. Biasanya iklan ini di buat dalam bentuk video sehingga mudah di ingat oleh masyarakat. Output dari iklan ini diharapkan agar masyarakat tergugah dengan isu yang dibahas dalam ikalan tersebut. Contoh teks kalimat iklan layanan masyarakat adalah :

  • Mari Hemat Listrik, Nyalakan Secukupnya, Matijkan Selebihnya (Iklan Layanan PLN)

www.pexels.com

  1. Contoh iklan penawaran

Jika dilihat sekilas iklan ini mirip dengan iklan produk. Akan tetapi iklan penawaran ini biasanya digunakan untuk menawarkan barang dan jasa. Contohnya iklan tempat bimbingan belajar, perumahan, apartemen, ruko dan lain sebagainya. Yang tidak kalah penting dan harus ada pada iklan penawaran yaitu menggunakan magic word salah satunya dengan menambahkan kata diskon xx%.

  1. Contoh iklan lowongan kerja

Seperti namanya iklan ini digunakan untuk mencari karyawan atau pekerja yang dibutuhkan oleh perusahaan. Iklan ini biasanya dipasang dikoran karena ada beberapa Koran yang menyediakan layanan iklan ini.

  1. Contoh iklan jasa

Yang ditawarkan dalam pembuatan iklan tidak hanya barang, namun jasa juga dapat dipromosikan. Lewat iklan jasa Anda dapat menawarkan jasa baik dalam bidang pendidikan, peminjaman alat-alat, reparasi dan lain sebagainya. Berikut ini adalah contoh dari iklan jasa.

  • Sewa Videotron murah dan terbaik Hanya di rental.com. special untuk anda yang ingin menggunakan videotron untuk acara atau event-event orgainizer.

 

  1. Contoh iklan komersial

Jenis iklan ini digunakan untuk mendukung dalam mengkampanyekan pemasaran baik barang ataupun jasa. Iklan komersial ini terdiri dari dua jenis, yakni iklan strategis (berfungsi untuk membangun sebuah nama brend atau merk barang aatau jasa) dan iklan taktis (iklan ini memiliki tujuan mendesak).

  1. Contoh iklan keluarga

Iklan keluarga ini jenis iklan yang biasanya digunakan oleh keturunan tionghoa. Dimana iklan ini biasanya berisi tentang berita yang berkaitan dengan acara keluarga seperti, reono keluarga, kelahiran, perkawinan, perceraian hingga kematian.

  1. Contoh iklan display

Iklan display berisi tampilan iklan dengan ilustrasi gambar dan sejenisnya sehingga dapat dilihat dan di nikmati dengan jelas. Iklan display ini tentunya sangat menarik. Iklan ini memungkinkan untuk mendatangkan konsumen lebih banyak. Namun pemasangan ini cukup mahal sehingga harus dipertimbangkan budget dalam pembuatan iklan.

  1. Contoh iklan social media

Seiring dengan berkembangnya smartphone maka hampir seluruh kalangan masyarakat aktif menggunakan social media. Social media tidak hanya dapat digunakan untuk menjalin komunikasi namun social media juga dapat digunakan sebagai media pemasangan iklan. Banyak kita temui iklan di social media diantaranya facebook, instagram, twitter, whatsaap dan lain sebagainya.

Pastinya Anda setelah mengenal jenis iklan dan segala macam tentang iklan tentunya tidak bingung lagi bukan tentang cara membuat iklan? Seperti pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang jadi tidak sia-sia dong mengenal lebih dalam penjelasan tentang pembuatan iklan. Tetapi ingat bawah ketika inngin melakukan pemasangan atau pembuatan iklan, Anda diharapkan juga mempertimbangkan bujet. Jangan sampai over budget. Selain bujet, sasaran juga harus tepat, agar biaya pembuatan iklan yang dikeluarkan tidak sia-sia. Selamat mencoba Anda semoga berhasil dalam usahanya dan pemaparan mengenai contoh iklan dan penjelasannya bermanfaat bagi Anda semuanya. Sampai jumpa di lain kesempatan dengan ilmu-ilmu yang baru dan pastinya seru.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *