Buku-buku Terbaik Topik Peternakan

Bisnis Peternakan yang Menjanjikan

Menggeluti bisnis peternakan sepertinya menjadi salah satu bisnis yang cukup menarik untuk dijalani. Apalagi bagi masyarakat pedesaan yang notabene memiliki lahan yang luas, bahan bangunan yang mudah didapat, dan pakan yang mudah ditemukan. Sehingga peluang usaha ternak sangat tepat untuk dikembangkan di lingkungan pedesaan. Bisnis peternakan ini menjadi bisnis yang sangat menjanjikan dengan modal yang kecil namun bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat-lipat. Bisnis yang bisa dijalani dalam kategori bisnis peternakan pun beragam mulai dari ternak lele, ikan, ayam, kambing, maupun sapi. Hasil dari peternakan pun bisa berupa daging segar yang dijual, susu kambing maupun susu sapi, serta telor ayam. Tak heran jika bisnis ini cukup menjanjikan mengingat telor, daging, dan susu merupakan kebutuhan pokok untuk makanan sehari-hari masyarakat di Indonesia.

Bahkan untuk usaha peternakan sendiri bisa berupa usaha penyediaan lahan atau bibit maupun usaha pembesaran ternak. Berikut ini beberapa usaha peternakan yang cukup menjanjikan untuk dicoba:

  1. Penyediaan Benih Lele

Usaha ini memerlukan ketelatenan dengan memahami terlebih dahulu bagaimana karakter induk lele yang diharapkan bakal bertelur. Tentu harus membutuhkan kejelian dan pengetahuan tetnagn kapan induk lee siap untuk bertelur, kapan harus dipisahkan, dan kapan lele tersebut harus ditempatkan kembali pada kolam bersama indukan yang lainnya. Kolam kecil untuk proses-proses tersebut pun harus disiapkan terlebih dahulu dan yang tidak kalah penting adalah memiliki sumber untuk mendapatkan cacing sutera sebagai makanan bibit lele.

www.pexels.com

  1. Bibit ayam kampung

Daging ayam kampung menjadi salah satu lauk primadona masyarakat Indonesia pada umumnya. Yang dibutuhkan dalam pengembangan usaha bibit ayam kampung ini adalah menyiapkan lahan kecil dan tidak lupa dibatasi dengan bamboo yang mengelilinginya. Tidak lupa ayam bibit yang diternak sebisa mungkin mendapatkan makanan yang baik dan kandang bersih. Karena hal itu akan menjadi poin plus untuk meningkatkan penjualan bibit ayam yang disediakan untuk para peternak pembesaran.

 

  1. Peternakan kambing

Usaha peternakan yang satu ini menjadi usaha yang cukup menjanjikan terutama ketika masa lebaran haji tiba. Masa lebaran haji menjadi salah satu masa keemasan bagi para peternak hewan yang satu ini lantaran kambing menjadi salah satu hewan yang paling banyak dicari dan diambil untuk dijadikan hewan qurban. Namun, di hari-hari biasa pun daging juga tak kalah berpotensi untuk menjadi bisnis yang cukup menjanjikan. Terutama bagi pecinta kuliner daging kambing dan para pelaku usaha atau penjual kuliner seperti sate kambing. Dalam pembuatan kandang untuk kambing ini harus diperhatikan betul-betul jangan sampai ada celah untuk keluar kandang.

www.pexels.com

  1. Peternakan Sapi

Usaha peternaikan ini tak kalah bagusnya dengan usaha peternaikan yang lain. Sama halnya dengan kambing, ketika lebaran haji tiba sapi menjadi binatang yang banyak dijari untuk dijadikan hewan qurban. Selain itu, jenis daging sapi merupakan salah satu jenis daging yang memiliki tingkat permintaan yang tinggi sehingga terkadang pemerintah harus impor karena saking tingginya permintaan tersebut. Namun demikian, perlu diingat bahwa usaha ternak sapi membutuhkan modal yang tidak sedikit mengingat harga sapi yang semakin mahal dan ditambah kandang serta pakan yang harus selalu tersedia. Namun, perlu dipahami juga bahwa usaha peternakan sapi menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Bahkan tak hanya daging dan susunya saja yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Karena kotoran sapi yang diberi perlakuan khusus pun bisa menjadi peluang bisnis baru menjadi bio reactor dan menghasilkan gas yang berfungsi dengan baik untuk menggantikan gas di dapur.

Rekomendasi Buku-buku Topik Peternakan

Baik membaca maupun memiliki buku perternakan tentu sangat penting terutama bagi kalian yang sedang ingin merintis bisnis di bidang peternakan ini. Karena ilmu-ilmu yang didapat dari buku tentu sangat bermanfaat untuk nantinya bisa dipraktekkan ketika memulai bisnis tersebut. Berikut ini beberapa rekomendasi buku-buku topik peternakan.

  1. Buku Lengkap Beternak & Berbisnis Ayam Kampung, Ayam Pedaging, dan Ayam Arab – Um Mulyadi

www.pexels.com

Buku ini sesuai dengan judulnya tentu sangat cocok untuk kalian yang sedang ingin merintis usaha peternakan ayam. Seperti kita ketahui dan sadari bersama bahwa kebutuhan ayam makin hari makin meningkat untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari. Sehingga tak heran jika ternak ayam ini memiliki prospek yang cukup cerah untuk digeluti. Ternyata ayam pun terdiri dari beberapa jenis yang tentunya masing-masing jenis ayam tersebut memiliki keunggulan masing-masing. Namun, buku ini lebih spesifik memberi penjelasan mengenai tiga jenis ayam yang bisa diternak yaitu ayam kampung, ayam arab, dan ayam pedaging (boiler).

 

Kalian akan menemukan cara-cara mengembangbiakkan ayam-ayam tersebut secara ampuh dan bahkan buku karya Um Mulyadi ini sangat direkomendasikan untuk menjadi panduan beternak ayam khususnya tiga jenis ayam tersebut. Tulisan-tulisan yang termaktub dalam buku ini disajikan secara urut, sistematis, dan detail. Diawali dengan pengenalan dan seluk-beluk ayam, tahapan budi daya atau ternak ayam, persiapan sebelum memulai beternak, manajemen penyakit, pakan ternak, hingga analisis usaha. Buku ini pun semakin menarik karena dilengkapi dengan gambar-gambar eksklusif.

www.pexels.com

  1. Panduan Komplet Budidaya Lele di Lahan Sempit – Surya Gunawan

 

Ternyata beternak lele tidak harus menghabiskan lahan yang banyak dan luas, karena kalian pun bisa memanfaatkan lahan yang sempit untuk dijadikan tempat beternak lele. Sama seperti ayam, lele juga menjadi bisnis yang cukup menggiurkan mengingat banyak sekali para penggemer kuliner lele. Tentu dengan banyaknya permintaan akan lele, hal tersebut juga berpengaruh terhadap meningkatnya kebutuhan usaha peternakan lele. Sayangnya banyak yang enggan untuk memulai usaha tersebut lantaran memiliki kendala dan masalah lahan. Masih banyak yang memiliki anggapan bahwa budidaya lele harus memiliki lahan yang luas.

 

Buku ini seperti membantah semua persepsi tersebut. Usaha budidaya lele ternyata tidak harus membutuhkan lahan yang luas. Konsep budidaya yang diusung oleh penulis dalam buku ini cukup menarik dengan hanya memanfaatkan lahan tidur atau ruang kosong di rumah. Sehingga setiap orang bisa berkesempatan untuk memiliki usaha budidaya lele tersebut apalagi yang tinggal di daerah perkotaann yang notabene memiliki lahan yang sempit. Penulis juga memberikan solusi terkait pakan yang hemat dan berkualitas mengingat pakan merupakan salah satu bahan yang sangat berkontribusi besar dalam biaya produksi budidaya lele ini. Cara-cara membangun usaha budidaya lele dengan hemat pakan dan lele tetap berkualitas sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal menjadi daya tarik buku ini.

 

  1. Beternak Kambing Unggul – Agus Andoko

 

Beternak kambing menjadi salah satu bisnis yang cukup menggiurkan apalagi ketika lebaran haji tiba. Keuntungan yang didapat para peternak kambing bisa berkali-kali lipat. Bahkan di hari-hari biasa pun beternak kambing juga terbilang sangat menguntungkan dengan perkiraan keuntungan belasan hingga puluhan juta per bulan. Beberapa jenis kambing yang paling banyak diternakkan adalah kambing kacang dan kambing jawarandu. Kedua jenis kambing ini merupakan jenis kambing yang sangat layak untuk diusahakan secara komersil. Karakter dari kedua kambing ini adalah lincah, mudah dalam perawatan, adaptif terhadap berbagai kondisi, dan produktif. Sayangnya banyak yang enggan memulai bisnis ternak kambing ini lantaran belum memahami betul bagaimana cara merawat kambing-kambing tersebut. Sehingga keuntungan yang didapat pun sekedarnya saja. Buku ini memberikan ilmu dan cara-cara perawatan secara benar dengan menggunakan pakan ramuan sendiri yang tentunya lebih berkualitas. Hasil keuntungan yang didapat pun bisa berlipat. Selain itu, buku ini juga menyajikan informasi tentang jnis kambing unggul lain yang memiliki potensi untuk dibisniskan.

www.pexels.com

  1. Panduan Beternak Sapi Potong – A.S.Sudarmono dan Y.Bambang Sugeng

 

Sapi potong menjadi salah satu hewan ternak yang cukup digemari dan menggiurkan untuk dijadikan lahan bisnis. Sapi jenis ini menjadi salah satu sumber daya penghasil daging yang nilai ekonominya tinggi. Penulis dalam buku ini memberikan penggambaran secara jelas terkait pemeliharaan sapi potong mulai dari anak-anak hingga dewasa. Terdapat pula informasi mengenai bangsa-bangsa sapi potong, cara perbaikan produksi, kriteria dalam pemilihan bibit unggul, serta bagaimana menilai mutu daging dan usaha penggemukan sapi potong yang saat ini banyak dilakukan di Indonesia. Buku ini tentu saja sangat membantu bagi para pemula yang ingin mencoba berkecimpung mencari peruntungan dalam bisnis peternakan sapi potong.

 

  1. Beternak Bebek Hibrida Gunsi 888 : 35 Hari Panen (Edisi Revisi) – Drh.Agustin Polana

 

Dr.L.Hardi Prasetyo yang merupakan peneliti itik dan pensiunan Balai Penelitian Ternak sangat menghargai upaya Putra Perkasa Genetika dalam mengembangkan pembibitan itik pedaging moern dengan bebek hibrida Gunsi 888 yang menjadi produk unggulannya. Bibit bebek hibrida ini merupakan salah satu bibit unggulan karena memiliki berat 1,4 hingga 1,5 kg di umur 35 hari dan seberat 2.2 kg di umur 52 hari, stok DOD terjamin, tahan penyakit, tanpa air, lebih bersih, dan pola pemeliharaan yang minim bau. Buku ini memberikan penjelasan secara lengkap terkait informasi tentang bebek hibrida serta cara pemeliharaan bibit bebek unggul tersebut. Buku ini sangat bermanfaat bagi para penyuluh pada umumnya dan khusunya para pelaku bisnis bebek hibrida tersebut untuk meningkatkan ketahanan pangan di tingkat pedesaan.

www.pexels.com

  1. Rahasia Sukses Beternak Kelinci – Tim Karya Tani Mandiri

 

Siapa yang tidak merasa gemas ketika melihat binatang yang lucu dan imut satu ini. Kelinci memiliki sifat yang multiguna sehingga sangat cocok untuk diternakan. Kelinci bisa dijadikan sebagai binatang peliharaan dan dijual dalam keadaan hidup dan juga bisa dimanfaatkan daging, kulit, dan bulunya untuk berbagai kebutuhan manusia. Sehingga bisa dikatakan bahwa pasar kelinci ini relatif luas. Buku ini memberikan penjelasan secara detail dan lengkap terkait jenis-jenis kelinci, analisis usaha kelinci, pembibitan kelinci, dan membuat pakan kelinci. Buku ini sangat direkomendasikan dan bermanfaat untuk kalian yang ingin mencoba beternak kelinci shingga produksi kelinci pun dapat meningkat dan bisa memenuhi permintaan pasar.

Memulai usaha memang bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan adanya informasi dan ilmu yang bisa didapat baik melalui media sosial maupun buku tentu sangat bermanfaat untuk bisa meningkatkan kepercayaan diri untuk segera memulai usaha tersebut. Karena selain modal secara finansial, modal ilmu, ketekadan dan kegigihan calon pelaku usaha sangat penting untuk dimiliki sebelum usaha tersebut dimulai. FYI, jika kamu punya blog seputar pertenakan, silakan baca juga tentang jasa penulis artikel disini. Mana tau butuh konten yang banyak kan. 🙂

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *